INFORMASI VULKANIN JAYA

Vulkanin Jaya Bangun Karakter Kerja Para Difabel

Meski pemerintah melalui undang-undang No.4 Tahun 1997 tentang penyandang disabilitas yang mewajibkan para penyedia lapangan kerja memberikan kuota satu persen bagi difabel sebagai bagian dari tenaga kerja di perusahaannya, namun belum semua perusahaan menerapkan itu.

Berbeda dengan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan retreading atau vulkanisir ban bernama PT Vulkanin Jaya. Di perusahaan tersebut, difabel bukan saja diakomodir untuk dapat bekerja tapi juga diberikan motivasi dan pelatihan tentang bagaimana membangun karakter serta etos kerja. Hal itu menurut Dr. Noor Rachmat M.A, salah seorang mentor di PT Vulkanin Jaya, dilakukan sebagai penunjang untuk menambah kreativitas dan produktifitas dari para pekerja.   

"Di sini (PT Vulkanin Jaya) ketika awal saya masuk mengajar, kawan-kawan disabilitas seperti tidak punya masa depan, sekedar dapat nafkah dan bisa menghidupi diri sendiri. Tapi saya ajak mereka untuk mengenali diri sendiri. 'Anda itu sebenarnya siapa. Secara fisik Anda memang disabilitas, tidak memiliki tangan ataupun berjalan juga sulit'. Namun saya yakinkan mereka secara nonfisik, secara nalar, mereka tidak memiliki masalah karena mereka sekalian sehat," jelas Dr. Noor Rachmat ketika ditemui WartaMaya Senin siang, (13/9/2018) di pabrik PT Vulkanin Jaya, Bogor, Jawa Barat.

Sebagai mentor yang sudah cukup lama mengajar di perusahaan tersebut, Dr. Noor Rachmat mengaku dirinya menitikberatkan pokok pengajaran pembangunan karakter para karyawan pada empat fokus utama. Hal itu juga diterapkan bagi karyawan difabel.

"Dalam itu kan ada empat (yang perlu dilakukan), yaitu mengenali diri sendiri, menerima diri sendiri, kemudian mengoptimalkan kelebihan dan mengurangi kelemahan. Dan yang terakhir adalah menjadi manusia yang bermental kuat dan sehat. Inilah yang coba kita ajak ke mereka," ujar Dosen Mata Kuliah Character Building di Universitas Bina Nusantara itu.

Lebih lanjut juga dikatakan bahwa program pelatihan pembangunan karakter di dunia kerja masih akan terus dilaksanakan oleh PT Vulkanin Jaya. Dari delapan pertemuan yang diikuti oleh para karyawan, Dr. Noor Rachmat melihat ada peningkatan kapasitas diri yang cukup signifikan dari para muridnya yang berkebutuhan khusus.

"Ternyata setelah berlangsung delapan kali pertemuan, mereka sudah berbalik. 'Kalau begitu saya bisa dong menjadi manusia yang sempurna'," ujar Dr. Noor menirukan gaya bicara para muridnya.

Sumber wartamaya.id https://bit.ly/2YcdR9K

MORE ABOUT PT. SUPERVULKANIN ADIJAYA